Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Sabtu, 16 Mei 2015

Cara Membuat Kalkulator di Delphi 7


Listing Program












Logika Program
Pertama-tama langkah yang harus dilakukan untuk membuat program Kalkulator di Delphi 7 yaitu mendesain form dengan menggunakan tombol edit, button, dan panel, lalu ubah captionnya seperti gambar dibawah ini. Kemudian ubah juga nama formnya menjadi Kalkulator.


Lalu pada Edit1 ubah ReadOnly menjadi True agar Edit1 tidak berupa inputan dari keyboard.
Kemudian double click pada button 1, lalu ketik kodingan berikut ini :
begin
Edit1.Text:=Edit1.Text+'1';
end;
Maksud dari kodingan diatas yaitu setiap mengklik button1, program akan menyimpan angka 1 tersebut berupa text dan akan ditampilkan pada Edit1 yang berfungsi sebagai layar kalkulator.
Begitu juga selanjutnya double click pada button 2 s.d. 0 dan . (titik) ketik kodingan seperti diatas, hanya diubah dalam kutipnya saja misalkan Edit1.Text:=Edit1.Text+'2'; untuk button 2 , dan seterusnya untuk button berikutnya.
Kemudian double click pada button C, lalu ketik kodingan berikut ini :
begin
Edit1.Text:='';
end;
Maksud dari kodingan diatas bahwa jika kita mengklik button C, program akan menghapus hasil inputan kita pada Edit1, jadi layar kalkulatornya akan kosong.
Kemudian tambahkan kodingan berikut ini dibagian var :
var
  Form1: TForm1;
  a,b,c : real;
  tambah,kurang,kali,bagi : integer;
Maksud kodingan diatas adalah untuk mendeklarasikan variabel a,b,c dengan tipe data real dan variabel tambah,kurang,kali,bagi dengan tipe data integer yang nantinya akan digunakan pada kodingan berikutnya.
Kemudian double click pada button +, lalu ketik kodingan berikut ini :
begin
a:=StrToFloat(Edit1.Text);
tambah:=1;
Edit1.Text:='';
end;
Maksud kodingan diatas yaitu StrToFloat(Edit1.Text); berfungsi untuk mengubah tipe data string dari data Edit1 menjadi tipe data float (real), yang nantinya akan disimpan dalam variabel a.
Begitu juga selanjutnya double click pada button -,*,dan/ ketik kodingan seperti diatas, hanya diubah dibagian tambah:=1; menjadi kurang:=1; pada button - , dan seterusnya untuk button berikutnya.
Kemudian double click pada button =, lalu ketik kodingan berikut ini :
begin
b:=StrToFloat(Edit1.Text);
if (tambah > 0) then
begin
  c:=a+b;
  Edit1.Text:=FloatToStr(c);
  a:=0;
  b:=0;
  tambah:=0;
end;
Maksud kodingan diatas yaitu StrToFloat(Edit1.Text); berfungsi untuk mengubah tipe data string dari data Edit1 menjadi tipe data float (real), yang nantinya akan disimpan dalam variabel b. Kemudian pada program ini menggunakan perulangan if dimana akan berjalan jika variabel tambah pada kodingan sebelumnya > 0. Lalu jika tambah > 0, program memproses ke tahap c:=a+b;maksudnya adalah variabel c akan menyimpan hasil penjumlahan antara variabel a dengan b, dan akan diubah dari tipe data float (real) menjadi string kembali yang nantinya akan ditampikan di Edit1 atau pada layar kalkulator tersebut.
if (kurang > 0) then
begin
  c:=a-b;
  Edit1.Text:=FloatToStr(c);
  a:=0;
  b:=0;
  kurang:=0;
end;
Maksud kodingan diatas yaitu StrToFloat(Edit1.Text); berfungsi untuk mengubah tipe data string dari data Edit1 menjadi tipe data float (real), yang nantinya akan disimpan dalam variabel b. Kemudian pada program ini menggunakan perulangan if dimana akan berjalan jika variabel kurang pada kodingan sebelumnya > 0. Lalu jika kurang > 0, program memproses ke tahap c:=a-b;maksudnya adalah variabel c akan menyimpan hasil pengurangan antara variabel a dengan b, dan akan diubah dari tipe data float (real) menjadi string kembali yang nantinya akan ditampikan di Edit1 atau pada layar kalkulator tersebut.
if (kali > 0) then
begin
  c:=a*b;
  Edit1.Text:=FloatToStr(c);
  a:=0;
  b:=0;
  kali:=0;
end;
Maksud kodingan diatas yaitu StrToFloat(Edit1.Text); berfungsi untuk mengubah tipe data string dari data Edit1 menjadi tipe data float (real), yang nantinya akan disimpan dalam variabel b. Kemudian pada program ini menggunakan perulangan if dimana akan berjalan jika variabel kali pada kodingan sebelumnya > 0. Lalu jika kali > 0, program memproses ke tahap c:=a*b;maksudnya adalah variabel c akan menyimpan hasil perkalian antara variabel a dengan b, dan akan diubah dari tipe data float (real) menjadi string kembali yang nantinya akan ditampikan di Edit1 atau pada layar kalkulator tersebut.
if (bagi > 0) then
begin
  c:=a/b;
  Edit1.Text:=FloatToStr(c);
  a:=0;
  b:=0;
  bagi:=0;
end;
end;
end.
Maksud kodingan diatas yaitu StrToFloat(Edit1.Text); berfungsi untuk mengubah tipe data string dari data Edit1 menjadi tipe data float (real), yang nantinya akan disimpan dalam variabel b. Kemudian pada program ini menggunakan perulangan if dimana akan berjalan jika variabel bagi pada kodingan sebelumnya > 0. Lalu jika bagi > 0, program memproses ke tahap c:=a/b;maksudnya adalah variabel c akan menyimpan hasil pembagian antara variabel a dengan b, dan akan diubah dari tipe data float (real) menjadi string kembali yang nantinya akan ditampikan di Edit1 atau pada layar kalkulator tersebut.

Output Program
Jika kita mengklik 5.9 x 3 maka outputnya adalah 17.7 








 

7 komentar:

mura mengatakan...

alhamdulillah..

Unknown mengatakan...

saya kurang mengerti dengan button=
tolong jelaskan lebih terperinci tentang penaruhan operator tambah,kurang,bagi,kali

TanyaDongItu mengatakan...

saat saya menekan tombol +-/* kenapa inputan yang sudah saya masukan hilang ya ? mohon penjelasannya

Unknown mengatakan...

Terima Kasih infonya sangat membantu

siti mengatakan...

terima kasih sangat membantu dan mudah di pahami

Anonim mengatakan...

Terima kasih kak sangat membantu

Unknown mengatakan...

Sangat membantu bagi pemula , thanks

Posting Komentar