Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Jumat, 13 Januari 2017

Pencil




Pencil adalah aplikasi open source untuk membuat desain UI (User Interface) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi baik itu Linux, Windows, dan MacOS. Shape interface yang disediakan ada untuk web, GTK, native UI, sketchy GUI, Windows XP, Flowchart, Android ICS, iOS UI Stencils, dan iOS Wireframe.

Tampilan Awal Pencil


Menu yang ada pada pencil :
·         Document berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti membuat, membuka, menyimpan, mengexport, mencetak hingga menutup suatu dokumen.

·         Edit berfungsi untuk mengedit (melakukan perubahan) suatu dokumen seperti membatalkan, mengembalikan, memotong, menyalin, mengambil objek yang disalin, menghapus serta menyeleksi objek.

·         View berfungsi untuk mengatur seperti apa tampilan layar dokumen seperti menampilkan atau tidak menampilkan collection pane, menampilkan atau tidak menampilkan hide heavy elements, serta menampilkan dokumen secara full.

·         Shape berfungsi untuk mengatur desain yang akan kita buat seperti menggabungkan objek, membuat objek dengan lebar yang sama, mengatur rata kiri, tengah, kanan, bawah, atas, dll.

·         Tools terdapat clipart browser, install new collection, manage export template, developer tools, dan options.

·         Help berfungsi untuk menampilkan deskripsi aplikasi pencil seperti siapa saja pembuat aplikasi pencil, siapa saja yang berkontribusi dalam pembuatan aplikasi pencil, dan lisensi aplikasi pencil.


Pada aplikasi pencil pengguna dimudahkan untuk membuat sebuah desain karena pada pencil sudah tersedia koleksi objek-objek yang bisa digunakan untuk membuat desain.
·         Common shapes berisi koleksi dari bentuk-bentuk dasar objek pada umumnya seperti bentuk persegi, oval, trapesium, jajargenjang, dll serta untuk membuat text pada desain.

                

·         Basic Web Elements berisi koleksi dari elemen yang biasanya digunakan dalam sebuah website seperti html text, hyperlink, dll.



·         Desktop – GTK Widgets berisi koleksi tampilan dari suatu aplikasi sederhana seperti radio, button, combo box, dll.

·         Desktop – Native UI Widgets berisi koleksi tampilan user interface suatu aplikasi yang lebih kompleks seperti radio, checkbox, spin input, dll.


·         Desktop – Sketchy GUI berisi koleksi tampilan untuk prototyping seperti box, line, sketchy circle, dll.

                                 

·         Desktop – Windows XP Widgets bersisi koleksi tampilan dari Windows XP, fitur yang ada hanya fitur-fitur standar pada umumnya seperti window frame, tab panel, menu, dll.


·         Flowchart berisi koleksi gambaran alur kerja sistem atau program yang dibuat seperti terminator, process, connector, dll.

                                   

·         Mobile – Android ICS berisi koleksi tampilan dari sebuah perangkat yang berbasis android seperti phone, tablet, keyboard, status bar, dll.

             

 

·         Mobile – iOS UI Stencils berisi koleksi tampilan standar dari sebuah perangkat yang berbasis iOS seperti iphone, ipad, keyboard, status bar, dll.

         

         

         

·         Mobil1 – iOS Wireframe berisi koleksi tampilan yang lebih kompleks dari sebuah perangkat yang berbasis iOS seperti iphone, ipad, message box, list item, dll.
    
                              


Cara membuat sebuah desain pada aplikasi pencil yaitu kita hanya menarik dan menaruh (drag and drop) objek tersebut ke workspace kita sesuai yang kita inginkan. Setelah sudah selesai mendesain kemudian kita gabungkan semua objek yang ada didesain tersebut dengan menekan Ctrl+G atau klik menu shape à group. Kemudian untuk menyimpan hasil desain yang sudah dibuat klik document à export selection as PNG. Berikut merupakan contoh desain yang saya buat, pencarian google pada android mobile.


Referensi :




0 komentar:

Posting Komentar