Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Rabu, 18 Januari 2017

Software Simulasi Cisco Packet Tracer




Cisco Packet Tracer adalah sebuah software simulasi jaringan yang lengkap untuk mencoba perangkat-perangkat dasar Cisco. Menggunakan software ini kamu akan mengetahui dasar-dasar apa dalam hal mendesain jaringan komputer dan juga melatih diri untuk menjadi network engginer. Software ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco. Cisco Packet Tracer sekarang tidak hanya tersedia untuk PC standalone namu juga tersedia untuk mobile aplikasi untuk OS iOS dan Android sudah tersedia.

Pada gambar diatas kita akan menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lain menggunakan router. Disini menggunakan 4 device, 2 server, 2 switch, dan 2 router. Server disini menggunakan DHCP agar IP address akan terisi secara otomatis.


Untuk menjalankan simulasi jaringannya kita klik icon pesan untuk simulasi pengiriman pesan antar jaringan.

Jika berhasil makan akan keluar output succesfull yang artinya pesan yang dikirim dapat diterima meskipun berbeda jaringannya seperti PC1 ke PC2.


Referensi :








0 komentar:

Posting Komentar