Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Jumat, 11 November 2016

UI-Pattern


Disini saya akan mecoba menerjemahkan 3 jenis desain pattern dari website http://ui-patterns.com/, berikut merupakan penjelasannya :

1.        Thumbnail
·         Permasalahan
Kebutuhan user untuk mendapatkan gambaran dari beberapa gambar tanpa harus men-download setiap gambar dalam ukuran penuh.

·         Contoh

·         Pemakaian
ü  Digunakan apabila kita memiliki koleksi gambar yang ingin kita perlihatkan ke user.
ü  Digunakan apabila men-download versi ukuran penuh dari semua gambar yang ingin kita perlihatkan ke user akan memakan banyak bandwidth, tetapi juga akan memakan waktu lama bagi user untuk men-download.
ü  Digunakan apabila kita ingin mengizinkan user untuk menelusuri koleksi gambar dengan cepat.
ü  Digunakan apabila kita ingin memberikan user kesan dari suatu gambar, film atau halaman sebelum memutuskan untuk men-download aslinya.

·         Solusi
ü  Sebuah thumbnail adalah versi miniatur dari gambar yang lebih besar. Thumbnail bisa mengilustrasikan grafis apapun seperti : gambar, film atau bahkan screenshot dari sebuah halaman web.
ü  Dimensi (lebar dan tinggi) dari beberapa thumbnail muncul berdampingan satu sama lain adalah sama persis. Untuk menjaga proporsi yang sama dalam gambar thumbnail seperti yang ditemukan di gambar aslinya, baik mengubah ukuran dan memotong gambar adalah bagian dari proses manipulasi gambar.
ü  Ukuran umum thumbnail :

·         Manfaat
Menggunakan thumbnail menyediakan user untuk melihat gambaran dari beberapa gambar atau film di dalam satu halaman web. Selanjutnya, thumbnail menghemat bandwidth karena user tidak harus mengklik semua gambar untuk menemukan apa yang kita cari, tetapi dapat dikendalikan oleh preview yang disediakan oleh thumbnail.

2.        Drag and Drop
·         Permasalahan
Kebutuhan user untuk melakukan operasi pada satu atau lebih objek dengan memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain.

·         Contoh
Pada gambar diatas kita akan membuat sebuah perangko dengan cara menarik dan meletakkan gambar yang kita inginkan ke lokasi tersebut dengan extensi PNG, JPG atau GIF.

·         Pemakaian
ü  Digunakan apabila kita ingin membiarkan user untuk melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks melalui manipulasi langsung dengan pendekatan (WYSIWYG ).
ü  Digunakan apabila kita ingin menghindari paksaan user untuk pergi ke halaman lain untuk menata kembali tata letak.

·         Solusi
Membiarkan user memilih dan mengatur ulang konten dengan cara menariknya ke layar.

·         Manfaat
Secara naluriah, banyak user yang mencoba menarik dan meletakkan benda-benda di user interface. Hal ini dilihat sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk mengatur ulang item dalam daftar, memindahkan objek dari satu tempat ke tempat yang lain, atau bahkan meng-upload file.

·         Diskusi
Drag dan Drop tidak sepenuhnya dapat diakses, kita mungkin ingin mempertimbangkan cara-cara alternatif lain untuk menata ulang modul konten kita.

3.        Table Filter
·         Permasalahan
Kebutuhan user untuk menyaring kategori data yang ditampilkan di dalam tabel dengan kolom.

·         Contoh

·         Pemakaian
ü  Digunakan apabila kita memiliki hasil data set yang sangat besar untuk ditampilkan dalam satu halaman.
ü  Digunakan apabila satu atau lebih kolom tabel dapat diringkas dengan mudah ke dalam kategori untuk difilter.

·         Solusi
Memberikan masukan dropdown yang menyajikan kategori dimana user dapat menyaring data set. Setelah user memilih kategori dan klik "Filter" hanya baris yang termasuk ke dalam kategori yang dipilih yang akan ditampilkan.
Secara opsional beberapa filter dapat ditambahkan. Jika solusi ini dipilih, kita harus memperbarui kategori setiap kotak dropdown ketika satu kategori dipilih.

·         Manfaat
Menambahkan filter untuk tabel kita memungkinkan user mengurangi jumlah item yang ditampilkan. Filter membantu mempersempit hasil pencarian, membiarkan user menemukan hasil yang lebih akurat.


Sumber :







0 komentar:

Posting Komentar