Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Senin, 16 Mei 2016

Tips Menghadapi UTS



UTS yang merupakan singkatan dari Ujian Tengah Semester ini dialami mulai kalangan siswa sampai mahasiswa. Setiap tahunnya UTS diadakan 2 kali. Tapi jangan meremehkan UTS, bagi mahasiswa, karena nilai UTS sangat berpengaruh pada nilai akhir karena ada beberapa perguruan tinggi yang bobot UTSnya sama dengan bobot UAS, bahkan ada bobot UTSnya lebih besar daripada bobot UAS.
1.      Cicil belajar
Biar gimanapun juga, model ujian di perguruan tinggi yang cenderung menguji lima sampai enam bab bahkan lebih nggak akan bisa dikebut dalam waktu sehari sebelum ujian, apalagi semalam sebelumnya.
Di sini kita memang dituntut untuk mulai menyicil bahan-bahan ujian. Otak manusia memang beratus-ratus kali lipat canggihnya dibandingkan dengan CPU komputer, karena itu butuh cara yang canggih juga buat memaksimalkan fungsinya. Sejelek-jeleknya sediakan waktu seminggu sebelum UTS untuk mereview kembali bahan2 kuliah. Tidak ada yang terlambat.

2.      Variasikan gaya belajar
Pilih gaya belajar yang paling sesuai dengan diri masing-masing. Ada orang yang lebih “nyerap” dengan cara mendengarkan saja, melihat saja, atau bahkan kombinasi dari bermacam gaya belajar.

3.      Perbanyak Latihan Soal
Seperti kata pepatah “Learning by Doing” maka tidak usah memikir kan lagi, perbanyak latihan soal, karena ini akan sangat membantu kita mengetahui tipe-tipe soal dan solusi yang harus kita berikan. Jangan lupa cari pinjeman soal-soal tahun lalu, karena biasanya soal tidak jauh beda dengan tahun lalu bahkan bisa juga sama persis.

4.      Jaga Kesehatan Sebelum UTS
Nah biasanya nih yang namanya kesehatan suka jadi kendala ketika menghadapi UTS. Jika kita sakit, maka akan berpengaruh pada daya tahan tubuh, konsentrasi dan yang pasti berpengaruh pada hasil UTS karena tidak maksimal dalam mengerjakan UTS.

5.      Berdo'a dan Pasrah
Pasrah bukan berarti putus asa, tetapi kita harus ingat yang mengatur semua ini, bukan rektor, pembantu rektor, ataupun dosen kita. Allah SWT lah yang mengatur kehidupan ini, maka sebaiknya kita juga memohon kepada-Nya. Kalau memang hasil kita nanti bagus, memang sudah ditakdirkan begitu. Tetapi kalau nanti jelek, ya sama memang sudah ditakdirkan begitu, dan semua pasti sudah ada tujuannya masing masing. Pasti dari suatu kejadian, cobaan, ataupun nasib kita, pasti dan yakinlah kalau semua sudah diatur dan pada akhirnya semua akan baik baik saja. Ambil dari segi positifnya, anda akan menyadari semua itu dalam 2-3 tahun mendatang, dan baru sadar ternyata yang terbaik buat saya memang jalannya kesini.


Usaha = hasil. Jika hasil yang kita dapatkan tidak seperti yang kita harapkan maka usaha kita belum maksimal.
Semangat buat UTS

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar